> > MANFAAT AIR KELAPA

MANFAAT AIR KELAPA

Posted on Kamis, 09 Mei 2013 | No Comments

Manis dan segar, itulah yang akan kita rasakan bila minum air kelapa terutama kelapa yang masih muda. Teryata selain menyegarkan, Mengkonsumsi air kelapa juga dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Didalam air kelapa terdapat banyak unsur-unsur yang bermanfaat untuk tubuh, antara lain Air, karbohidrat,protein, lemak, abu, sejumlah nutrisi (sukrosa,fluktosa, dan destrosa) serta vitamin B kompleks ( biotin, asam pantotenat, asam folat, dan riboflafin ).
Dibawah ini adalah tabel yang menunjukkan komposisi kimia dalam 100 ml air kelapa
pH
4,27-6,17
Nilai kalori (kal/g)
17,400
Kadar karbohidrat (%)
0,090
Kadar air (%)
92,700
Kadar Protein (%)
0,450
Kadar gula (%)
0,170
Kadar abu (%)
6,970
Kadar garam (%)
1,770
Phosfor (mg/100 ml)
105,000
Kalsium (mg/100 ml)
29,000
Magnesium (mg/100 ml)
37,000
Besi (mg/100 ml)
0,100
Belerang (mg/100 ml)
24,000
Tembaga (mg/100 ml)
0,040
Sumber : direktorat gizi depkes RI ( 1988 ).

Dalam perkembangannya, air kelapa mulai banyak digunakan sebagai bahan makanan yaitu dibuat nata de coco. Pembuatan air kelapa menjadi nata ini didukung dengan kandungan nutrisi seperti sukrosa dan fruktosa serta vitamin B komplek yang dapat membantu pertumbuhan bakteri Acetobacter xylinum pada saat berlangsungnya fermentasi ( Rindit,2004) untuk membentuk nata.
Selain bisa memberikan rasa segar ketika kita mengkonsumsi air kelapa, Ternyata banyak manfaat lainnya yang terkandung dalam air kelapa untuk kesehatan tubuh.
Beberapa manfaat air kelapa antara lain :
  1. Dapat membantu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih
  2. Kandungan air yang cukup tinggi dalam air kelapa bisa mengatasi dehidrasi pada tubuh yang bisa menyebabkan komplikasi kesehatan, selain itu air kelapa juga bisa membantu membuang toksin dari tubuh.
  3. Mengkonsumsi air kelapa secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga kelembaban kulit.
  4. Kandungan potassium, protein, gula, dan mineral, menjadikan air kelapa dapat berguna sebagai minuman penambah energi.
  5. Baik untuk dijadikan sebagai minuman dalam program diet anda, karena air kelapa rendah kalori dan lemak. Air kelapa juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan jantung, karena mengandung kadar gula rendah.
Demikian ulasan singkat mengenai kandungan gizi dan manfaat air kelapa untuk tubuh, masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam air kelapa yg belum disebutkan diatas, silahkan anda mencari literatur lainnya demi memperkaya pengetahuan anda seputar tanaman obat tradisional Indonesia.
 
 

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.